Jenis–Jenis Infeksi Menular Seksual

Infeksi menular seksual (IMS) terdiri dari beberapa jenis. Jenis-jenis infeksi menular seksual seperti kencing nanah, HIV AIDS, Herpes dan lain-lain. Beberapa penyakit infeksi menular seksual yang sering terjadi Pekerja Seks Komersial (PSK) menurut Fahmi (2008) adalah:
Gonore (kencing nanah)
Penyakit ini ditularkan melalui hubungan seksual. Sebutan lain penyakit ini adalah kencing nanah. Penyakit ini menyerang organ reproduksi dan menyerang selaput lendir, mucus, mata, anus dan beberapa organ tubuh lainnya. Bakteri yang membawa penyakit ini adalah Neisseria Gonorrhoeae.
Gejala akibat penyakit ini pada wanita antara lain:
  1. Keputihan kental berwarna kekuningan
  2. Rasa nyeri di rongga panggul
  3. Dapat juga tanpa gejala
Sedangkan gejala pada laki – laki antara lain:
  1. Rasa nyeri pada saat kencing
  2. Keluarnya nanah kental kuningkehijauan
  3. Ujung penis agak merah dan bengkak
Sifilis
Penyakit ini disebut raja singa dan ditularkan melalui hubungan seksual atau penggunan barang-barang dari seseorang yang tertular (misalnya: baju, handuk dan jarum suntik). Penyebab timbulnya penyakit ini adanya kuman Treponema pallidum, kuman ini menyerang organ penting tubuh lainya seperti selaput lender , anus, bibir, lidah dan mulut.
Penularan biasanya melalui kontak seksual, tetapi ada beberapa contoh lain seperti kontak langsung dan kongenital sifilis (penularan melalui ibu ke anak dalam uterus). Dengan gejala klinis : Luka atau koreng, jumlah biasanya satu, bulat atau lonjong, dasar bersih, dengan perabaan kenyal sampai keras, tidak ada rasa nyeri pada penekanan
Chlamydia Trachomatis
Chlamydia trachomatis adalah salah satu dari tiga spesies bakteri dalam genus Chlamydia, famili chlamydiaceae, kelas Chlamydiae, filum Chlamydiae, domain Bacteria.
Chlamydia trachomatis adalah agen chlmydial pertama yang ditemukan dalam tubuh manusia. Bakteri ini pertama kali diidentifikasi tahun 1907. Infeksi chlamydia trachomatis sering tidak menimbulkan gejala dan sangat beresiko bila terjadi pada ibu-ibu karena dapat menyebabkan kehamilan ektopik, infertilitas dan abortus.
Gejala klinis Chlamydia Trachomatis:
  1. Pada pria duh (sekret/cairan) tubuh uretra dapat disertai eritema meatus
  2. Pada wanita duh tubuh serviks seropurulen, serviks mudah berdarah.
Herpes Genitali
Saat ini dikenal dua macam herpes yakni herpes zoster dan herpes simpleks. Kedua herpes ini berasal dari virus yang berbeda. Herpes zoster disebabkan oleh virus Varicella zoster, sedangkan herpes simpleks disebabkan oleh herpes simplex virus (HSV).
Gejala klinis yang disebabkan oleh Virus Herpes Simplex sebagai berikut:
  1. Herpes genital pertama: diawali dengan bintil lentingan dan luka/erosi berkelompok, di atas dasar kemerahan, sangat nyeri, pembesaran kelenjar lipat paha dan disertai gejala sisitemik.
  2. Herpes genital kambuhan: timbul bila ada faktor pencetus yaitu: daya tahan tubuh menurun, stres pikiran, senggama berlebihan, kelelahan.
Kondiloma akuminata(Kutil Genitalis)
Kutil Genitalis (Kondiloma Akuminata) merupakan kutil di dalam atau di sekeliling vagina, penis atau dubur, yang ditularkan melalui hubungan seksual. Kutil genitalis sering ditemukan dan menyebabkan kecemasan karena tidak enak dilihat, bisa terinfeksi bakteri, bisa merupakan petunjuk adanya gangguan sistem kekebalan. Pada wanita, virus papiloma tipe 16 dan 18, yang menyerang leher rahim tetapi tidak menyebabkan kutil pada alat kelamin luar dan bisa menyebabkan kanker leher rahim. Virus tipe ini dan virus papiloma lainnya bisa menyebabkan tumor intra-epitel pada leher rahim (ditunjukkan dengan hasil pap smear yang abnormal) atau kanker pada vagina, vulva, dubur, penis, mulut, tenggorokan atau kerongkongan.
HIV-AIDS
HIV singkatan dari Human Immuno Deficiency Virus, yaitu sejenis virus yang menyebabkan AIDS. HIV ini menyerang sel darah putih dalam tubuh sehingga jumlah sel darah putih semakin berkurang dan menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lemas. AIDS adalah singkatan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome yang merupakan dampak atau efek dari perkembang biakan virus HIV dalam tubuh makhluk hidup. Sindrom AIDS timbul akibat melemah atau menghilangnya system kekebalan tubuh karena sel CD4 pada sel darah putih yang banyak dirusak oleh Virus HIV.
Ulkus mole
Disebabkan oleh Haemophillus Ducreyi, dengan gejala klinis seperti koreng jumlahnya banyak, bentuk tidak teratur, dasar kotor, tepi bergaung, sekitar koreng merah dan edema, sangat nyeri.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال