Fisiologi Tulang Manusia

Fisiologi tulang manusia dapat dipelajari dengan mempelajari struktur tulang secara mendalam. Tulang adalah bentuk khusus jaringan ikat dengan kerangka kolagen yangmengandung garam Ca2+ dan PO43-, terutama hidroksiapatit.
Sistem skelet(tulang) dibentuk oleh sebuah matriks dari serabut-serabut dan protein yangdiperkeras dengan kalsium, magnesium fosfat, dan karbonat. Bahan-bahantersebut berasal dari embrio hyalin tulang rawan melalui osteogenesis kemudian menjadi tulang, proses ini dilakukan oleh sel-sel yang disebutosteoblast. Terdapat 206 tulang di tubuh yang diklasifikasikan menurut panjang, pendek, datar, dan tak beraturan, sesuai dengan bentuknya. Secaraumum tulang mempunyai fungsi sebagai berikut:a
Secara umum fungsi tulang pada manusia adalah sebagai berikut (Arif Muttaqin, 2008):
  1. Mendukung jaringan tubuh dan memberikan bentuk tubuh.
  2. Melindungi organ tubuh (misalnya jantung, otak, dan paru-paru) dan jaringan lunak.
  3. Memberikan pergerakan (otot yang berhubungan dengan kontraksi dan pergerakan).
  4. Membentuk sel-sel darah merah didalam sumsum tulang belakang (hema topoiesis).
  5. Menyimpan garam mineral, misalnya kalsium, fosfor.
Komponen utama jaringan tulang adalah mineral dan jaringan organik (kolagen dan proteoglikan). Kalsium dan fosfat membentuk suatu kristal garam (hidroksiapatit), yang tertimbun pada matriks kolagen dan proteoglikan. Matriks organik disebut juga osteoid. Sekitar 70% dari osteoid adalah kolagen tipe I yang kaku dan memberi tinggi pada tulang. Materi organ lain yang juga menyusun tulang berupa proteoglikan (Arif Muttaqin, 2008).

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال