Pengobatan Diabetes Mellitus

Pengobatan diabetes mellitus adalah sebuah udaha pengobatan yang memperhatikan atau menormalkan kembali kadar insulin dan glukosa dalam darah. Pengobatan diabetes mellitus bisa di lakukan dengan menggunakan obat hipoglikemik ataupun terapi insulin. Hal ini sangat penting dilakukan karena penderita sangat dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah perifer, langkah-langkah untuk mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol merupakan juga bagian penting dari pengobatan diabetes mellitus.
Obat Hipoglikemik Oral
Pengobatan diabetes mellitus dengan menggunakan obat hipoglikemik peroral biasanya diberikan kepada penderita Diabetes Mellitus tipe II jika diet dan olahraga gagal menurunkan kadar glukosa. Obat ini kadang biasa diberikan hanya satu kali (pagi hari), meskipun beberapa penderita memerlukan 2-3 kali pemberian. Jika obat hipoglikemik per-oral tidak dapat mengontrol kadar glukosa dengan baik maka penderita akan memerlukan suntikan insulin.
Terapi Insulin
Pada penderita Diabetes Mellitus tipe I, pankreas tidak dapat menghasilkan insulin sehingga harus disuntikkan insulin pengganti. Pemberian insulin hanya dapat dilakukan melalui suntikan. Dokter akan menentukan dosis dan seberapa sering penderita perlu insulin. Tidak ada dosis insulin standar karena tergantung pada faktor-faktor seperti berat badan, kebiasaan makan, seberapa sering penderita berolah raga dan seberapa banyak memproduksi insulin.Insulin disuntikkan dibawah kulit kedalam lapisan lemak, biasanya dilengan atau dipaha. (Ramadhan, 2008).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال