Pengertian Nyeri

Pengertian nyeri adalah sebagai suatu keadaan yang mempengaruhi seseorang dan ekstensinya diketahui bila seseorang pernah mengalaminya (Tamsuri, 2007). Nyeri adalah suatu sensori yang tidak menyenangkan dari satu pengalamanemosional yang disertai kerusakan jaringan secara actual/potensial (Medical Surgical Nursing)
Nyeri adalah suatu pengalaman sensorik dan emosional yang tidak menyenangkan yang berhubungan dengan adanya kerusakan jaringan baik secara actual maupun potensial, atau menggambarkan keadaan kerusakan (International Association for Study of Pain/IASP dalam Sudoyo, 2006).
Nyeri adalah suatu perasaan yang tidak menyenangkan dan disebabkan oleh stimulus spesifik, mekanis, kimia, elektrik pada ujung -ujung syaraf serta tidak dapat diserahterimakan kepada orang lain. Nyeri juga sebagai keadaan penderitaan seseorang yang menderita nyeri atau kehilangan, suatu keadaan distres berat yang mengancam keutuhan seseorang (Rodger dancowles cit Mander R 2003)
Nyeri merupakan suatu pengalaman psikis yang normalnya berhubungan dengan kerusakan terhadap jaringan pada tubuh. Nyeri dapat didefinisikan sebagai sensasi ketidakenakan, penderitaan atau kesakitan, yang lebih kurang terlokalisir, yang dihasilkan dari stimulasi akhir-akhiran saraf yang khusus, dianggap sebagai mekanisme protektif sepanjang ia menyebabkan penderita memindahkan atau menarik dirinya dari sumber nyeri (Soenarto, 1990).
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar