Pengertian Imunisasi

Pengertian imunisasi adalah suatu cara untuk meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu antigen, sehingga apabila kelak ia terpajan antigen yang serupa tidak terjadi penyakit (Ranuh, 2008).
Imunisasi adalah suatu usaha memberikan kekebalan pada bayi dan anak terhadap penyakit tertentu sehingga tidak terserang penyakit tersebut dan apabila terserang penyakit tersebut tidak berakibat fatal (Depkes RI, 2005).
Imunisasi merupakan suatu usaha untuk menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit (Proverawati dan andhini, 2010).
Berdasarkan definisi diatas dapat disimpulkan bahwa imunisasi adalah upaya memberikan kekebalan pada bayi, anak maupun orang dewasa untuk meningkatkan kekebalan secara aktif suatu antigen sehingga tidak terkena penyakit, walaupun kemudian mendapat infeksi maka tidak berakibat fatal.
Tujuan Imunisasi
Tujuan dari pemberian imunisasi (Ranuh, 2008) yaitu untuk mencegah terjadinya penyakit tertentu pada seseorang, dan menghilangkan penyakit tertentu pada sekelompok masyarakat.
Manfaat Imunisasi
Manfaat imunisasi menurut (Proverawati dan Andhini, 2010):
  1. Untuk anak: mencegah penderitaan yang disebabkan oleh penyakit, dan kemungkinan cacat atau kematian.
  2. Untuk keluarga: menghilangkan kecemasan dan psikologi pengobatan bila anak sakit.
  3. Untuk negara: memperbaiki tingkat kesehatan, menciptakan bangsa yang kuat dan berakal untuk melanjutkan pembangunan negara.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Posting Komentar