Keuntungan dan Kerugian Berwirausaha

Keuntungan dan kerugian berwirausaha adalah resiko yang harus ditanggung oleh seseorang yang membuka usaha. Keuntungan dan kerugian berwirausaha identik dengan keuntungan dan kerugian pada usaha kecil milik sendiri. Walaupun demikian, semua usaha mempunyai peluang yang sama mengalami keuntungan maupun kerugian.
Di bawah ini, adalah penjelasan mengenai keuntungan dan kerugian berwirausaha.
Keuntungan Berwirausaha
  1. Otonomi. Pengelolaan yang bebas misalnya menjadi “Bos” yang penuh kepuasan.
  2. Tantangan awal dan perasaan motif berprestasi. tantangan awal atau perasaan bermotivasi yang tinggi merupakan hal yang menggembirakan, peluang untuk mengembangkan konsep usaha yang dapat menghasilkan keuntungan sangat memotivasi wirausaha.
  3. Control financial. Bebas dalam mengelola keuangan dan merasa kekayaan sebagai milik sendiri.
Kerugian Berwirausaha
Disamping beberapa keuntungan seperti diatas, dengan berwirausaha juga memiliki beberapa kerugian, yaitu:
  1. Pengorbanan personal. Pada awalnya wirausaha harus bekerja dengan waktu yang lama dan sibuk. Sedikit sekali waktu untuk kepentingan keluarga, rekreasi, hampir semua waktu dihabiskan untuk kegiatan bisnis.
  2. Beban tanggungjawab. Wirausaha harus mengelola semua fungsi bisnis baik pemasaran, keuangan, personil maupun penggandaan dan pelatihan.
  3. Kecilnya margin keuntungan dan kemungkinan gagal. Karena wirausaha menggunakan keuangan milik sendiri, maka margin laba/keuntunga yang diperoleh akan relatif kecil dan kemungkinan gagal juga ada.
Keuntungan dan kerugian berwirausaha di atas memang terasa personal. Ada orang yang selalu mencari tantangan baru, pekerjaan baru dan hal-hal yang baru, kemungkinan besar cocok menggeluti wirausaha sendiri. Sedangkan sebagian orang lainnya lebih nyaman dengan kehidupan yang terjamin, resiko kecil, dan lain-lain kemungkan lebih cocok menjadi karyawan daripada berwirausaha.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar