Kebutuhan Energi dan Protein pada Anak

Kebutuhan energi dan protein pada anak sangat menentukan dalam masa perkembangannya. Kebutuhan energi dan protein ini di samping sebagai sumber energi, juga berfungsi sebagai bahan yang di butuhkan dalam pertumbuhan dan perkemangannya, ataupun sebagai pengganti sel-sel yang rusak dan pertahanan tubuh.
Kekurangan energi dan protein pada anak akan sangat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan fisiknya, termasuk daya tahan terhadap penyakit serta perkembangan otak dan daya pikirnya di kemudian hari.
Kebutuhan Energi
Tubuh menggunakan sebagian besar energi untuk beraktifitas, akan tetapi tenaga juga diperlukan untuk mengangkut zat-zat gizi yang diperoleh ke bagian tubuh untuk digunakan dan memelihar proses tubuh. Jika balita aktif maka diperlukan makin banyak dari pada jika melakukan aktifitas yang kurang aktif. Untuk hidup sehat manusia memerlukan sejumlah zat gizi. Kekurangan zat gizi khususnya energi pada awalnya akan menimbulkan rasa lapar dan menyebabkan gizi kurang.
Kecukupan energi pada balita umur 1 sampai 5 tahun dapat dilihat pada tabel berikut ini:
Angka kecukupan energi rata-rata perhari:
Kelompok Umur
(Tahun)
Berat Badan
(Kg)
Tinggi Badan
(cm)
Energi
(KKal)
1 – 3
12
90
1250
4 – 6
18
110
1750
Sumber : Widya Karya Nasional Pangan dan Gizi, 1998
Kebutuhan Protein
Susunan tubuh kita selain air sebagian besar terdiri dari protein : otot, kulit, rambut, jantung, paru-paru, otak,dan alat tubuh lainnya. Protein juga sangat penting oleh balita untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuhnya, perkembangan intelegensinya dan untuk membangun serta memelihara jaringan tubuh. Balita yang tercukupi kebutuhan proteinnya, terutama protein hewani biasanya memiliki kecerdasan yang lebih baik dibanding balita yang kurang kebutuhan protein.
Kekurangan protein yang berlanjut akan berakibat pada keadaan gizi kurang dan gizi buruk. Kecukupan protein untuk balita umur 1 sampai 5 dapat dilihat pada tabel berikut:
Angka kecukupan protein rata-rata perhari:
Kelompok Umur
(Tahun)
Berat Badan
(Kg)
Tinggi Badan
(cm)
Protein
(Gram)
1 – 3
12
90
23
4 – 6
18
110
32
Sumber : Widya Karya Nasional Pangan dan Gizi, 1998

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال