Fungsi Tidur bagi Manusia

Apa fungsi tidur bagi manusia? Tidur merupakan salah satu hal penting bagi seseorang. Fungsi tidur antara lain untuk melindungi tubuh, konservasi energi, restorasi otak, homeostasis, meningkatkan fungsi immunitas, dan regulasi suhu tubuh (Lumbantobing, 2004).
Beberapa ahli berpendapat, fungsi tidur sebagai proses detoksifikasi (penetralan) toksik atau racun yang terakumulasi dalam tubuh. Akumulasi toksin inilah yang menyebabkan timbulnya rasa kantuk sehingga memicu seseorang untuk tidur. Ini merupakan bentuk perlindungan yang dilakukan seseorang terhadap tubuhnya sewaktu tidur (teori hipotoksins).
Teori restoratif mengemukakan bahwa tidur merupakan waktu untuk restorasi dan tumbuh bagi badan dan otak. Selama tidur, memungkinkan seseorang mengistirahatkan beberapa organ tubuh. Penggunaan energi menurun sekitar 15-20 % dan konsumsi Oksigen menurun saat seseorang tertidur. Hal ini memungkinkan seseorang mengkonservasi kembali energinya sewaktu tidur. Selain itu, hormone pertumbuhan (growth hormone) terutama dilepas waktu tidur.
Anak yang mengalami kurang tidur, akan mempengaruhi dan berdamppak negatif terhadap proses pertumbuhannya, karena hormon pertumbuhan (growth hormone) dilepaskan oleh tubuh pada waktu tidur nyenyak. Bisa dibayangkan, jika hormon pertumbuhan ini terganggu, maka akan mengganggu proses pertumbuhan pada anak.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال