Pengertian Keluarga

Pengertian keluarga adalah sebuah kelompok kecil dalam masyarakat yang terdiri dari beberapa orang yang memiliki hubungan ikatan yang erat, baik hubungan secara psikologis, biologis, hukum, ekonomi, sosial dan lain-lain. Hubungan antar anggota keluarga saling ketergantungan dan saling membutuhkan satu dengan yang lain.
Dilihat dari asal katanya, pengertian keluarga berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu berasal dari kata “kula” dan “warga” yang disatukan menjadi "kulawarga" yang berarti "anggota" "kelompok kerabat". Sehingga dapat disimpulkan pengertian keluarga adalah lingkungan di mana beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah, bersatu.
Menurut Salvicion dan Celis (1998) di dalam keluarga terdapat dua atau lebih dari dua pribadi yang tergabung karena hubungan darah, hubungan perkawinan atau pengangkatan, di hidupnya dalam satu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan di dalam perannya masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan.
Sedangkan menurut Departemen Kesehatan RI (1998), pengertian Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.
Pengertian Keluarga menurut Burgess dkk (dalam Friedman 1998), yang berorientasi pada tradisi dan digunakan sebagai referensi secara luas.
Pengertian keluarga menurut Burgess dkk:
  1. Keluarga terdiri dari orang-orang yang disatukan dengan ikatan perkawinan, darah dan ikatan adopsi.
  2. Para anggota sebuah keluarga biasanya hidup bersama -sama dalam satu rumah tangga, atau jika mereka hidup secara terpisah, mereka tetap menganggap rumah tangga tersebut sebagai rumah mereka.
  3. Anggota keluarga berinteraksi dan berkomunikasi satu s ama lain dalam peran-peran sosial keluarga seperti suami-istri, ayah dan ibu, anak laki-laki dan anak perempuan, saudara dan saudari.
  4. Keluarga sama-sama menggunakan kultur yang sama, yaitu kultur yang diambil dari masyarakat dengan beberapa ciri unik tersendiri.
Menurut Whall (dalam Friedman,1998), Pengertian Keluarga adalah sebagai kelompok yang mengidentifikasi diri dengan anggotanya terdiri dari dua individu atau lebih, asosiasinya di cirikan oleh istilah-istilah khusus, yang boleh jadi tidak diikat oleh hu bungan darah atau hukum, tapi berfungsi sedemikian rupa sehingga mereka menganggap diri mereka sebagai sebuah keluarga. Sedangkan menurut Friedman sendiri (dalam Suprajitno, 2004), Pengertian Keluarga adalah kumpulan dua orang atau lebih yang hidup bersama denganketerikatan aturan dan emosional dan individu mempunyai peran masing-masing yang merupakan bagian dari keluarga.
Dari pengertian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian keluarga sebagai berikut:
  1. Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat
  2. Keluarga rerdiri atas 2 orang atau lebih
  3. Adanya ikatan perkawinan atau pertalian darah
  4. Sebuah keluarga hidup dalam satu rumah tangga
  5. Keluarga di bawah asuhan seseorang kepala rumah tangga
  6. Keluarga berinteraksi diantara sesama anggota keluarga
  7. Setiap anggota keluarga mempunyai peran masing-masing
  8. Keluarga diciptakan untuk mempertahankan suatu kebudayaan

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال