Teori Belajar Kognitif Kurt Lewin

Sesuai dengan teorinya, Kurt lewin dalam Field Theory berimplikasi pada pembelajaran khususnya teori belajar kognitif. Teori belajar kognitif adalah sebuah teori belajar yang mengungkapkan bahwa pembelajaran terjadai karena adanya perubahan pada proses-proses kognitif.
Kurt Lewin dalam Djaali (75: 2011) teori belajar Cognitive Field menitikberatkan perhatian pada kepribadian dan psikolog sosial, karena pada hakikatnya masing-masing individu berada di dalam suatu medan kekuatan, yang bersifat psikologis, yang disebut Life Space mencakup perwujuduan lingkungan dimana individu bereaksi dalam fungsi kejiwaan yang dimiliki dan objek material yang dihadapi.
Jadi, tingkah laku merupakan hasil interaksi antar kekuatan, baik yang berasal dari dalam individu, seperti tujuan, kebutuhan tekanan kejiwaan maupun yang berasal dari luar diri individu, seperti tantangan dan permasalahan yang dihadapi. Menurut teori belajar kognitif Kurt Lewin, belajar itu berlangsung sebagai akibat dari perubahan dalam struktur kognitif, hal tersebut pertemuan dari dua kekuatan yaitu berasal dari struktur medan kognitif itu sendiri dan yang lainnya berasal dari kebutuhan internal individu.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال