Pengertian Metabolisme

Metabolisme adalah proses pemecahan zat-zat gizi di dalam tubuh untuk menghasilkan energi atau untuk pembentukan struktur tubuh. Suatu rentetan reaksi kimia dari awal hingga akhir yang terjadi dalam metabolisme dinamakan jalur metabolisme. Jalur metabolisme terdiri atas reaksi-reaksi anabolisme dan katabolisme.
Reaksi anabolisme adalah reaksi membangun dari ikatan sederhana ke ikatan lebih besar dan kompleks misalnya glukosa diubah menjadi glikogen, asam lemak dan gliserol menjadi trigliserida, serta asam amino menjadi protein. Proses anabolisme memerlukan energi (Almatsier, 2004).
Reaksi katabolisme adalah reaksi yang memecah ikatan kompleks menjadi ikatan lebih sederhana. Reaksi katabolisme biasanya melepaskan energi. Contoh reaksi katabolisme adalah pemecahan glikogen menjadi glukosa, trigliserida menjadi gliserol dan asam lemak serta protein menjadi asam amino (Almatsier, 2004).
Jadi pengertian metabolisme secara umum dapat dibagi dua yaitu anabolisme dan katabolisme. Anabolisme adalah proses dari metabolism yang membangun ikatan zat-zat, sedangkan katabolisme memecahkan zat-zat sehingga zat-zat tersebut bisa di serap oleh tubuh.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar