Pengertian Konsep Belajar

Pengertian konsep belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku didalam diri manusia. Bila setelah selesai suatu usaha belajar tetapi tidak terjadi perubahan pada diri individu yang belajar, maka tidak dapat dikatakan bahwa pada diri individu tersebut telah terjadi proses belajar. Menurut Slameto, (2010:2) berpendapat bahwa “konsep belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.“
Sedangkan menurut Hilgrad dan Bower (Ngalim Purwanto, 2007: 84), Konsep belajar berhubungan dengan tingkah laku seseorang terhadap sesuatu situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam situasi itu, dimana perubahan tingkah laku itu tidak dapat dijelaskan atau dasar kecenderungan respon pembawaan, kematangan, atau keadaan-keadaan sesaat seseorang (misalnya kelelahan, pengaruh obat, dan sebagainya).
Berdasarkan beberapa pengertian belajar diatas, yang diambil dari masing- masing para ahli, dapat disimpulkan bahwa belajar pada hakikatnya adalah suatu proses perubahan tingkah laku manusa menuju arah yang lebih baik sebagai hasil dari iteraksi dengan lingkungan ataupun pengalaman dan latihan. Perubahan yang berdasarkan pengalaman berkenaan dengan segala bentuk pengalaman atau hal-hal yang pernah dialami. Pengalaman ini bisa disebabkan karena membaca, melihat, mendengar, merencanakan, melaksanakan penilaian, mencoba menganalisis, atau memecahkan semua yang pernah dialami dan yang dihadapinya, selama proses belajar tersebut berlangsung.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar