Pengertian Kebiasaan Belajar

Pengertian kebiasaan belajar menurut pada ahli berbeda-beda, tergantung dari sudut mana ahli tersebut mendeskripsikan kebiasan belajar. Kebiasaan belajar adalah perilaku belajar seseorang dari waktu kewaktu dengan cara yang sama, dalam rangka menambah ilmu pengetahuan baik disekolah maupun dirumah. Kebiasaan belajar yang bersifat positif atau baik akan membantu siswa untuk menguasai materi pelajaran, sehingga dengan memiliki kebiasaan belajar yang baik maka seseorang akan menentukan keberhasilan didalam belajarnya.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (1999) pengertian kebiasaan dalah sebagai sesuatu yang biasa dikerjakan. Pengertian kebiasaan belajar merupakan cara bertindak yang diperoleh melalui belajar secara berulang-ulang, yang pada akhirnya menjadi menetap dan bersifat otomatis (Djaali. 2008). Sedangkan menurut Sulaeman (1984) kebiasaan belajar dapat diartikan sebagai cara-cara atau teknik-teknik yang mantap yang dilakukan siswa pada waktu ia menerima pelajaran dari guru, membaca buku dan mengerjakan tugas-tugas sekolah, serta pengaturan waktu untuk menyelesaikan kegiatan-kegiatan tersebut.
Oemar Hamalik (2005) mengemukakan “seseorang yang ingin berhasil dalam belajar hendaknya mempunyai sikap serta kebiasaan belajar yang baik.” Dari pengertian-pengertian belajar di atas dapat diambil kesimpulan bahwa kebiasaan belajar adalah cara-cara yang ditempuh siswa dalam belajar untuk mencapai tujuan tertentu yang dilaksanakan secara rutin sehingga menjadi suatu kebiasaan. Sedangkan menurut Gilmer (Dimyati dan Mudjiono, 2009:12) menyebutkan bahwa “ Habit a well learned response carried out outomatically”.
Jadi kebiasaan memiliki kekuatan untuk mendominasi tingkah laku seseorang. Dari pengertian tersebut disimpulkan beberapa hal sebagai berikut:
  1. Kebiasaan adalah hasil belajar yang menunjukan pola perilaku tertentu.
  2. Kebiasaan selalu memunjukan suatu perilaku.
  3. Kebiasaan memiliki sifat atau corak seperti: konsisten, otomatis, pasti, mudah, terintegrasi dengan pribadi individu. Kebiasaan juga bisa kuat atau lemah tergantung motivasi yang mengiringinya dari maksud dan tujuan kegiatan yang telah menjadi kebiasaan itu.
  4. Kebiasaan belajar yang tersusun dan terencana dengan baik akan menghasilkan suatu prestasi yang dapat memberikan dorongan bagi diri individu untuk terus berprestasi.
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar