Budaya dan Perkembangan Kepribadian

Budaya dan kepribadaian memiliki relevansi yang sangat kuat. Perkembangan kepribadian tidak bisa di lepaskan dari pengaruh budaya. Individu berkembang dan tumbuh dalam lingkungan yang nota bene adalah sebuah budaya. Sehingga, tidak ada seorangpun yang hidup di lingkungan tertentu tanpa di pengaruhi oleh budaya. Artinya budaya mempengaruhi perkembangan kepribadian.
Kepribadian manusia selalu berubah sepanjang hidupnya dalam arah-arah karakter yang lebih jelas dan matang. Perubahan-perubahan tersebut sangat dipengaruhi lingkungan dengan fungsi–fungsi bawaan sebagai dasarnya. Stern menyebutnya sebagai Rubber Band Hypothesis (Hipotesa Ban Karet). Seseorang diumpamakan sebagai ban karet dimana faktor-faktor genetik menentukan sampai mana ban karet tersebut dapat ditarik (direntangkan) dan faktor lingkungan menentukan sampai seberapa panjang ban karet tersebut akan ditarik atau direntangkan.
Dari hipotesa di atas dapat disimpulkan bahwa budaya memberi pengaruh pada perkembangan kepribadian seseorang. Perubahan-perubahan yang terjadi pada seorang anak yang tinggal bersama orangtua ketika beranjak dewasa tentunya sangat berbeda dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada anak yang tinggal di panti asuhan.
Selain itu, perkembangan kepribadian seseorang dipengaruhi pula oleh semakin bertambahnya usia seseorang. Semakin bertambah tua seseorang, tampak semakin pasif, motivasi berprestasi dan kebutuhan otonomi semakin turun, dan locus of control dirinya semakin mengarah ke luar (eksternal).

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال