Mamfaat Kelompok Bagi Individu

Kelompok adalah sekumpulan orang yang merasa terikat bersama dalam unit yang koheren pada beberapa tingkatan (Baron dkk, 2008). Kelompok merupakan sekumpulan individu yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Seseorang bergabung dalam kelompok, tentunya mempunyai maksud tertentu. Seseorang akan bergabung dengan kelompok tertentu jika kelompok tersebut dirasakan memberikan mamfaat bagi individu tersebut.

Meski kelompok bisa membatasi independensi individu, namun individu di manapun tetap saja menjadi anggota kelompok tertentu. Ini karena kelompok memberikan mamfaat bagi individu. Menurut Burn (2004), kelompok memiliki 3 manfaat, yaitu:

  1. Kelompok memenuhi keinginan individu untuk merasa berarti dan dimiliki. Adanya kelompok membuat individu merasa tidak sendirian, ada oprang lain yang membutuhkan dan menyayangi.
  2. Kelompok sebagai sumber identitas diri. Individu yang tergabung didalam kelompok bisa mendefinisikan dirinya, ia menggali dirinya sebagai anggota suatu kelompok, dan bertingkahlaku sesuai norma kelompok itu.
  3. Kelompok sebagai sumber informasi tentang dunia dan tentang diri kita. Adanya orang lain, dalam hal ini kelompok, bisa memberi kita informasi tentang banyak hal, termasuk tentang siapa diri kita.

Selain itu ada mamfaat lain yang cukup mendasar yang membuat individu betah dalam berkelompok, yakni dukungan untuk mencapai tujuan individu. Dengan berkelompok, individu akan merasa dan mengharapkan bantuan dari aggota kelompok lainnya, setidaknya dukungan untuk mencapai hal tersebut.

Dikutip dari . Psikologi Sosial, oleh Sarwono, Sarlito W. dan Eko A. Meinarno. Salemba Humanika, 2009

Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar