Remaja dan Masa Berpikir Kritis

Masa remaja adalah masa yang paling penting dalam siklus kehidupan, yang menjadi penanda dan perantara antara masa kanak-kanak dengan masa dewasa. Masa ini adalah masa dimana perubahan cara berpikir yang sebelumnya (masa kanak-kanak) menerima segala apa yang dialami, masa remaja akan mempertanyakan dan menolak jika bertentangan dengan keinginannya.

Jika keterampilan-keterampilan penting (seperti membaca dan menghitung) tidak berkembang selama masa kanak-kanak, keterampilan berpikir juga tidak berkembang kearah kematangan pada masa remaja. Para remaja yang kekurangan keterampilan fundamental umumnya mengalami kesulitan meraih pencapaian-pencapaian yang potensial. Pada remaja lain, masa ini adalah periode transisional yang penting dalam perkembangan berpikir kritis.

Beberapa perubahan kognitif yang memampukan remaja berpikir kritis terjadi selama masa remaja, mencakup hal-hal berikut ini:

1.     Meningkatnya kecepatan, otomatisasi dan kapasitas pemrosesan informasi, sehingga membebaskan sumberdaya-sumberdaya  kognitif untuk tujuan-tujuan yang lain.

2.     Peningkatan pengetahuan dalam berbagai bidang.

3.     Kemampuan yang meningkat dalam menyusun kombinasi-kombinasi pengatahuan baru.

4.     Penggunaan strategi atau prosedur secara spontan dan dalam rentang yang lebih luas, mencakup perencanaan, pertimbangan alternatif-alternatif, dan pemenitoran kognitif dan pola pikir

 

Referensi:

Santrock, John. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال