Narkolepsi (Gangguan Tidur)


Narkolepsi adalah gangguan sistem saraf yang ditandai dengan kejadian tertidur tiba-tiba di siang hari, dan juga kondisi mengantuk yang terus-menerus. Dalam bahasa awam, bisa dikatakan sebagai serangan tidur, dimana penderitanya amat sulit mempertahankan keadaan sadar. Hampir sepanjang waktu ia mengantuk. Rasa kantuk biasanya hilang setelah tidur selama 15 menit, tetapi dalam waktu singkat kantuk sudah menyerang kembali. Sebaliknya di malam hari, banyak penderita narkolepsi yang mengeluh tidak dapat tidur (mengalami imsomnia).
Karakteristik utama dari narkolepsi adalah mengantuk siang hari yang berlebihan, bahkan setelah tidur malam yang cukup. Seseorang dengan narkolepsi kemungkinan akan menjadi mengantuk atau tertidur atau hanya sangat lelah sepanjang hari, sering pada waktu yang tidak tepat dan tempat yang tidak tepat. Tidur siang mungkin terjadi dengan sedikit peringatan dan mungkin secara fisik tak tertahankan. Tidur siang ini dapat terjadi beberapa kali dalam sehari. Mereka biasanya menyegarkan, tapi hanya untuk beberapa jam. Mengantuk dapat bertahan untuk jangka waktu yang lama. Selain itu, malam waktu tidur dapat terpecah-pecah dengan terjaga.
Gangguan terjadi pada mekanisme pengaturan tidur. Tidur, berdasarkan gelombang otak, terbagi dalam tahapan-tahapan mulai dari tahap 1, 2, 3, 4 dan Rapid Eye Movement (REM.) Tidur REM adalah tahapan dimana kita bermimpi. Pada penderita narkolepsi gelombang REM seolah menyusup ke gelombang sadar. Akibatnya kantuk terus menyerang, dan otak seolah bermimpi dalam keadaan sadar.
Penyebab Narkolepsi
Penyebab secara pasti gangguan narkolepsi belum diketahui. Beberapa penelitian yang diadakan di Stanford University’s Sleep Disorder yang diadakan pada sejumlah anjing yang dipelihara dan mengalami gangguan narkolepsi, didapatkan bahwa gangguan narkolepsi pada anjing tersebut karena factor genetik. Penelitian lain pada anjing-anjing yang dipelihara secara khusus didapatkan bahwa gangguan narkolepsi disebabkan oleh degenerasi neuron-neuron (sel-sel syaraf yang berfungsi mengirimkan informasi keseluruh tubuh) pada daerah-daerah tertentu diotak.
Persoalannya adalah apakah narkolepsi pada manusia disebabkan oleh degenerasi sel-sel neuron yang sama pada aniing-anjing tersebut diatas? Hal ini mungkin menjadi tantangan bagi peneliti-peniliti yang akan datang.
Teori psikodinamik mengemukakan bahwa gangguan tersebut disebabkan oleh ketidakmampuan psikologis individu untuk menyesuaikan diri. Ini mungkin secara tidak sadar di gunakan individu sebagai sarana untuk melarikan diri dari pertentangan-pertentangan hidup yang tidak menyenangkan. Narkolepsi ini juga terjadi pada anak-anak dimana lingkungan rumahnya tidak memberikan stimulasi, dengan demikian narkolepsi merupakan ungkapan kebosanan yang ekstrim. Akhirnya narkolepsi terlihat juga pada anak-anak dengan intelegensi dibawah normal  yang tidak memiliki kapasitas  untuk menemukan hal-hal yang menarik dilingkungan mereka.
Gejala-gejala Narkolepsi
Tanda-tanda narkolepsi (U.S. National Library of Medicine) sebagai berikut:
  1. Kondisi mengantuk yang luar biasa di siang hari, yang berlangsung sekitar setiap tiga hingga empat jam.
  2. Merasakan kebutuhan untuk tidur yang amat sangat dan kemudian tertidur.
  3. Tertidur selama sekitar 15 menit, dan setelah itu biasanya badan terasa segar.
  4. Bermimpi atau mengalami halusinasi yang terjadi di antara tidur dan terjaga.
  5. Ketidakmampuan untuk bergerak sesaat waktu terjaga, atau tiba-tiba terbangun.
Empat gejala klasik lainnya dari gangguan, sering disebut sebagai "tetrad dari narkolepsi," adalah cataplexy, kelumpuhan tidur, halusinasi hypnagogic, dan perilaku otomatis.
Cataplexy adalah kondisi episodik menampilkan hilangnya fungsi otot, mulai dari sedikit kelemahan (seperti limpness di leher atau lutut, kendur otot-otot wajah, atau ketidakmampuan untuk berbicara dengan jelas) untuk menyelesaikan runtuh tubuh. Episode mungkin dipicu oleh reaksi emosional mendadak, seperti tawa, marah, terkejut, atau takut, dan dapat berlangsung dari beberapa detik hingga beberapa menit. Orang tetap sadar sepanjang episode. Dalam beberapa kasus, cataplexy mungkin menyerupai serangan epilepsi.
Kelumpuhan Tidur adalah ketidakmampuan sementara untuk berbicara atau bergerak saat bangun tidur (atau kurang sering, ketika jatuh tertidur). Ini bisa berlangsung beberapa detik untuk menit. Hal ini sering menakutkan tetapi tidak berbahaya.
Halusinasi hypnagogic yang hidup, sering kali menakutkan, pengalaman mimpi yang terjadi ketika tidur-tiduran, tertidur dan / atau saat kebangkitan.
Perilaku otomatis berarti bahwa seseorang terus berfungsi (berbicara, menempatkan segala hal, dll) selama episode tidur, tapi terbangun tanpa ingat melakukan kegiatan tersebut.
Diperkirakan bahwa sampai 40 persen orang dengan pengalaman narkolepsi perilaku otomatis selama episode tidur. Kelumpuhan tidur dan halusinasi hypnagogic juga terjadi pada orang yang tidak memiliki narkolepsi, tetapi lebih sering pada orang yang menderita kurang tidur yang ekstrem.
Penanganan
Bila terdapat pola narkolepsi yang terus bertahan pada orang dewasa atau mengantuk pada tengah-tengah kegiatan yang sedang berjalan, suatu masalah emosi yang berat mungkin mendasari gangguan tidur itu, dan ini biasanya memerlukan psikoterapi yang luas. Disamping itu, dapat pula digunakan obat-obatan (resep dokter) perangsang (stimulan), seperti fedrin, amfetamin, dekstroamfetamin dan metilfenidat, bisa membantu mengurangi narkolepsi. Dosisnya disesuaikan agar tidak terjadi efek samping yang tidak diinginkan, seperti kegelisahan, terlalu aktif atau penurunan berat badan. Untuk mengurangi katapleksi, biasanya diberikan obat anti-depresi, yaitu imipramin. Akan tetapi perlu dikemukakan karena penyebabnya belum diketahui dengan jelas, maka perawatan atau pengobatannya secara efektif belum juga diketahui sampai sekarang.

Referensi:
Samiun, Justinus. 2006. Kesehatan Mental. Yogyakarta: Kanisius
http://id.wikipedia.org/wiki/Narkolepsi
http://www.news-medical.net/health/Narcolepsy-Symptoms-(Indonesian).aspx

Ardi al-Maqassary

"Aku melihat, diujung sana, ada setitik cahaya yang terang benderang. Akan kuraih cahaya itu, dan membagikannya kepada seluruh manusia!!!"

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال