Mengapa Kita Harus Tidur?


Tidur adalah aktivitas yang kita butuhkan agar dapat berfungsi normal. Kekurangan tidur yang kronis meningkatkan kadar hormone stress (hormone kortisol), yang dapat merusak atau mengganggu sel-sel otak yang dibutuhkan untuk pembelajaran dan ingatan. Selain itu, sel-sel otak yang baru dapat gagal berkembang  atau dapat tumbuh menjadi abnormal (misal tumbuh menjadi kanker). Mungkin sebagai dampak dari kerusakan seperti itu, bahkan sekedar tidak mampu tidur satu malam, fleksibilitas mental, atensi (perhatian), dan kreativitas seseorang juga akan mengalami gangguan. Setelah beberapa hari berada pada keadaan terjaga terus-menerus, biasanya seseorang akan mulai mengalami halusinasi dan delusi.
Biasanya tidur terjadi untuk menyediakan waktu isterahat, sehingga tubuh dapat membuang semua zat limbah dari otot, menyimpan dan mengembalikan energy, memperkuat system kekebalan tubuh, atau mengembalikan kemampuan yang hilang dalam satu hari. Ketika kita tidak mendapatkan tidur yang cukup, badan kita bekerja dengan tidak normal. Contohnya adalah menurunnya kadar hormone yang dibutuhkan untuk perkembangan otot yang normal dan fungsi system kekebalan tubuh.
Walaupun kebanyakan orang dapat tetap dapat bergaul dengan cukup baik sesudah menjalani satu atau dua hari tanpa tidur, kekurangan tidur yang berlangsung selama empat hari lebih dapat menjadikan kita tidak nyaman, bahkan menjadi tak tertahankan. Pada hewan, memaksa untuk tidak tidur dapat mengakibatkan infeksi dan kematian, dan hal yang sama juga dapat berlaku pada manusia. Pada sebuah kasus tragis, seorang laki-laki berusia 51 tahun mengalami kekurangan tidur. Setelah semakin lelah yang amat, dia terserang infeksi jantung dan meninggal. Hasil otopsi menunjukkan bahwa dia telah kehilangan hampir semua saraf besar di dua area thalamus yang berkaitan dengan tidur dan ritme sirkandia hormonal.
Secara medis, tidur yang normal adalah kurang lebih 8 jam sehari. Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana dengan tidur yang berlebihan? Apakah ada pengaruhnya dengan memburuknya kesehatan? Kita akan kaji bagian ini pada sesi selanjutnya.
Jagalah kesehatan dengan tidur yang cukup…!!!

Ardi al-Maqassary

"Aku melihat, diujung sana, ada setitik cahaya yang terang benderang. Akan kuraih cahaya itu, dan membagikannya kepada seluruh manusia!!!"

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال