Makanan yang Bisa Tahan Lapar lebih Lama


Mungkin banyak yang bertanya, makanan apa yang bisa menahan rasa lapar? Terkadang kita sering mengalami masa-masa paceklik, sehingga kesulitan ekonomi membuat kita harus menahan rasa lapar, bahkan untuk mencari solusi pengganti makanan pokok pun sangat kesulitan. Meminjam uang ke teman kost atau tetangga kost ataupun ibu kost, agak enggan karena malu. Hal ini biasa dialami oleh orang-orang yang jauh dari orang tua dan hidup di kost-kostan, yang sebagian besar adalah pelajar atau mahasiswa. Kiriman yang terlambat datang, atau uang jajan lebih cepat habis dari perkiraan, sehingga musim paceklik datang menghampiri.
Berawal dari pengalaman mengatasi musim paceklik hidup dirumah kost, saya ingin berbagi dengan teman-teman memilih makanan yang murah tetapi bisa menahan rasa lapar lebih lama jika paceklik datang. Biasanya, prinsip anak kost terhadap makanan adalah murah, banyak, enak, soal kandungan gizi, tidak menjadi soal utama.
Teringat mata kuliah sewaktu menjadi siswa perawat, 2 tahun lalu, ada mata kuliah yang berhubungan dengan kandungan gizi dan kalori dalam makanan. Ternyata lemak dalam satu gramnya mengandung 9 kalori, karbohidrat mengandung 4 kalori dan protein mengandung 4 kalori dalam setiap satu gramnya. Bisa dikalkulasikan, kandungan kalori dalam lemak dua kali lipat lebih besar dari kandungan kalori dalam protein dan karbohidrat.
Makanan-makanan yang mengandung lemak contohnya adalah daging, lemak nabati seperti minyak dan sejenisnya. Karbohidrat dari nasi atau roti dan sejenisnya, sedangkan yang mengandung protein seperti telur, daging, keju dan sejenisnya.
Terus, makanan apa yang tersedia murah, meriah enak dan bisa tahan lapar jika musim paceklik di rumah kost? Kalau saya lebih memilih gorengan-gorengan seperti pisang goreng, ubi goreng dan dan makanan gorengan lainnya. Ataupun jika tidak mendapatkan gorengan ini, biasanya saya singgah diwarung sebelah untuk membeli kacang goreng yang biasa dijual perbungkus, yang lumayan murah, gope satu bungkus. Hitung-hitung, satu bungkus beratnya 100 gram, berarti mengahasilkan 900 kalori. Kan lumayan untuk menahan lapar dalam satu hari. Tentu saja, makanan-makanan ini tidak sehat bagi orang-orang yang punya duit, tapi ini adalah alternatif makanan yang bisa menyambung hidup. 
Share on :


Related post:


2 komentar:

Daftar Haji Plus 2013 mengatakan...

wah boleh juga nih ditiru :)

wisata muslim 2013 mengatakan...

asik nih kayaknya buat dicoba...

Poskan Komentar