Amnesia (Hilang Ingatan)

Amnesia atau hilang ingatan adalah, kegagalan me-recall informasi yang ada dalam memori  yang bisa berlangsung dalam waktu pendek, maupun berlangsung secara berkepanjangan, khususnya dengan ide-ide yang harus diungkapkan dengan kata-kata.
Amnesia juga bisa berlangsung defenitif, secara tetap atau hilang untuk selama-lamanya. Sifatnya bisa sebagian/parsial saja yang hilang dari ingatan, akan tetapi bisa juga total, yaitu seluruh kesadaran masa lampau hilang sama sekali, atau terganggu secara total, dan tidak dapat diingat kemabali.
Kadangkala amnesia itu bisa berlangsung secara periodik atau berkala. Pada peristiwa geger otak (commotion cerebri) dan cedera pada otak, amnesia ini sering terjadi. Jadi ada hubungannya dengan gangguan dengan otak secara fisik yang menyebabkan timbulnya amnesia. Tetapi beberapa kasus, gangguan psikologis juga memegang peranan penting sebagai penyebab amnesia, seperti depresi, dan represi.
Beberapa tipe amnesia yang kita kenal seperti di bawah ini:
 Amnesia Retrograde
Hilangnya ingatan mengenai kejadian dan segenap hal ikhwal  yang mendahului suatu kecelakaan (retrograde = mundur). Semua kesan masa lalu, sebelum terjadinya kecelakaan menghilang, dan tidak dapat di-recall dalam memori. Biasanya berlangsung pendek.
Amnesia Anterograde
Amnesia anterograde adalah hilangnyanya ingatan mengenai peristiwa-peristiwa segera sesudah kecelakaan terjadi, yaitu sesudah terjadi shock, geger otak atau saat yang membingungkan. Hilangnya ingatan ini juga bisa disebabkan oleh depresi dan regresi.
Amnesia Auditorer
Amnesia auditorer adalah ketidakmampuan mengenal kembali kata-kata yang diucapkan orang lain. Disebut juga dengan tuli kata/word-deafness.
Amnesia Retro-anterograde
Amnesia jenis ini adalah terjadinya pemutar-balikan informasi atau ingatan, dalam masa kejadian-kejadian yang baru berlangsung dikaitkan dengan masa lampau, dan dianggap sebagai suatu kejadian yang beruntun (bersambung), atau peristiwa-peristiwa lama dikaitkan dengan waktu sekarang.
Amnesia Tactile
Amnesia tactile adalah kemampuan mengenal kembali objek-objek melalui rabaan. Disebut juga sebagai astereognosis atau astere-cognosy
Amnesia Visual
Amnesia visual adalah amnesia atau ketidakmampuan mengenal sesuatu melalui alat indera mata, seperti kata, ketidakmampuan mengingat kembali perkataan-perkataan yang tertulis atau terucapkan, atau objek-objek yang pernah dilihat sebelumnya.

Referensi
V. Mark Durand & avid H. Barlow. 2006. Psikologi Abnormal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kartini, Kartono. 2010. Patologi Sosial. Jakarta: PT Rja Grafindo
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar