Perkembangan dan Pengaruh Psikologi Timur Terhadap Psikologi Barat

Walaupun psikologi-psikologi Timur banyak menaruh perhatian pada alam kesadaran dan hukum-hukum yang mengatur perubahannya, psikologi ini juga mengandung teori-teori kepribadian yang cukup jelas. Tujuan dari psikologi-psikologi Timur adalah mengubah kesadaran seseorang agar mampu melampaui batas-batas yang diciptakan oleh kebiasaan-kebiasaan yang membentuk kepribadian orang itu. Dalam hal ini, setiap tipe kepribadian perlu mengatasi hambatan-hambatan yang berbeda untuk membebaskan diri dari batas-batas ini.
Pengaruh penting Psikologi Timur terhadap sejarah perkembangan Psikologi secara umum dapat dibagi menjadi 2, yaitu :
1. Pemikiran, tradisi intelektual dan religius Daerah Timur yang terkadang lebih kompleks dan bervariasi daripada Dunia Barat membawa kemajuan yang baru bagi perkembangan intelektual, yang kemudian diwujudkan dengan penemuan-penemuan kembali tulisan-tulisan kuno oleh ilmuwan-ilmuwan Daerah Timur.
2. Ketertarikan terhadap filsuf-filsuf kuno maupun modern dari Asia dan sistem kepercayaannya, hingga sekarang semakin memperluas dan mempertanyakan asumsi-asumsi di balik studi tentang human process.
The Crossroads : Persia and The Middle East
Sarjana Islam dan Guru Yahudi yang telah memelihara dan menjaga bagian pokok tulisan-tulisan Yunani kuno dan memperluas interpretasinya dalam bidang filsafat, ilmu pengetahuan dan medis. Avicenna dipandang sebagai pendiri Scholastic Phylosophy, mendahului Albertus Magnus. Penaklukan oleh Islam menyebabkan pemikiran-pemikiran Timur dikembangkan dari versi aslinya menjadi “centers of intellectual achievement” di dunia Arab dan Dunia Barat Eropa. Filsafat religius bangsa Persia kuno diwakili oleh kitab seorang pendeta, Zarathustra/Zoroaster, yaitu Avesta yang berisi pengetahuan dan kebijaksanaan , yang juga merupakan dasar pengajaran Zarathustra. Avesta memuat sekumpulan doa, legenda, puisi dan hukum yang menggambarkan pertentangan antara dewa kebaikan dan iblis.
Individu terikat dalam pertarungan antara yang baik dan yang buruk, dn memiliki kebebasan untuk memilih di antara keduanya. Psikologi ini mengarahkan pada etika dan nilainya menekankan pada kejujuran dan ketaatan.
Lambat laun kepercayaan Zarathustran mengenai mitologi dewa matahari dan dewi kesuburan serta sifat unggul Ahura-Mazda kian kabur, meskipun ajaran filsafatnya masih terpakai dan menckaup banyak hal (far-reaching). Sebenarnya, pertentangan antara yang baik dan yang buruk yang dsampaikan di dalamnya sejalan dengan filsuf Yunani, Empedokles. Penekanan pada keesaan Tuhan sama dengan ajaran Judaisme, dan beberapa ajaran Zarathustran memberikan pengaruh pada pemikiran orang Yahudi. Bahkan, terdapat korelasi antara ajaran umat Nasrani dengan tradisi Zarathustran. Dalam menjembatani komunitas Hindu di India, Dunia Arab dan Yunani di Timur Tengah, Persia mempunyai posisi yang menguntungkan dan berpengaruh dalam menyatukan ketiganya.
India (The Vedas dan Upanishads)
Sebagai tempat kelahiran Buddha, tempat historis umat Hindu, target invasi Muslim, objek eksploitasi oleh kolonial Inggris,India menjadi sebuah storehouse pengetahuan-pengetahuan yang mendalam dan bervariasi.
Sebagian besar pengetahuan kuno India berasal dari kitab Veda, yang merupakan sekumpulan pelajaran, hymne, puisi, dan prosa yang dikompilasikan dari pengajian lisan. Walaupun terkesan ambigu dalam makna dan agak membingungkan dalam pengorganisasiannya, empat kitab Veda masih bertahan, yakni :
1. Rig-Veda : berisi hymne-hymne pemujaan
2. Sama-Veda : berisi pengetahuan tentang melodi
3. Yajur-Veda : berisi ritual pengorbanan
4. Atharva-Veda : berisi hal-hal magis (Magics)
Tiap kitab Veda terbagi dalam empat sektor, yakni : Mantras (hymne), Brahmanas (doa-doa ritual), Aranyaka (teks khusus untuk pertapa) dan Upanishads (kajian untuk para filsuf). Rig-Veda mungkin adalah yang paling populer sebagai literatur karena memuat banyak hymne dan puisi pemujaan pada berbagai objek ibadah, matahari, bulan, angin, fajar dan api. Sedangkan Upanishads lebih menekankan pada kebijaksanaan ajaran Hindu dalam kaitannya manusia dengan dunianya. Ketidakpercayaan pada kemampuan intelektual dan pengetahuan indrawi menjadi topik yang dominan, sebagai pencarian atas pengendalian diri, kesatuan, dan pengetahuan universal. Proses pencapaian tujuan ini melibatkan penumpahan segala ilmu, partisipasi, bahkan kesadaran partikular yang hanya berlangsung sebentar saja.
Dugaan untuk mewujudkan tujuan tersebut disebut Atman yang menggambarkan jiwa dari segala jiwa. Atman juga sebagai karakter yang tak berbentuk, sangat tersembunyi, sebuah definisi teraplikasi pada intisari individual, sehingga dikatakan kita bukanlah mind, body atau keduanya tetapi kita impersonal, netral dan menyerap realitas.
Upanishads adalah metode spriritual yang menyelamatkan kita dari terlepasnya ikatan antara particular dan material. Perpindahan esensi manusia dipandang sebagai hukuman atas kehidupan iblis dan reinkarnasi merupakan jalan pelepasan ikatan tersebut. Dengan menghilangkan keinginan individual melalui kehidupan pertapa, kita dapat keluar dari individualisme dan terserap kembali ke dalam kesatuan menyeluruh dari “Yang Ada” (Being) .
Tujuan-tujuan yang diungkapkan dalam Upanishads mengarahkan pada psikologi yang sangat bertentangan dengan dasar filosofis ajaran Barat. Namun lambat laun Upanishads mengakui bahwa individu menegaskan dirinya sendiri sebagai proses adaptasi dan perkembangan yang sempurna.
India (Hindu Science and Phylosophy)
Ilmuwan-ilmuwan Hindu mengembangkan sistem kompleks dalam bidang matematika. Ilmuwan yang terbesar adalah Aryabhata (ca.500) yang menggunakan sistem desimal dalam argumennya mengenai revolusi bumi pada porosnya. Studi fisikanya didasari oleh teori filsafat yang menekankan pada dasar kehidupan tergantung pada atom yang berinteraksi dalam cara yang berbeda dalam menghasilkan objek dan kejadian lingkungan yang bervariasi. Ilmu kimianya mempelopori industri yang berkembang pesat, seperti pembuatan kaca, pencelupan kain dan penyamakan. Dunia medisnya menghasilkan proyek besar dalam anatomi dan fisiologi, antara lain mengenai sistem otot manusia. Kedokteran India pada awalnya memandang penyakit sebagai kesalahan sistem/terganggunya salah satu dari empat humors (udara, air, lendir dan darah), sehingga tumbuh-tumbuhan (herbs) digunakan sebagai obatnya.
Tujuan pengetahuan bukan untuk mengetahui dan memprediksi aktivitas manusia dalam lingkungan, tetapi lebih untuk membebaskan diri dari particular dan material. Filsafat yang mendasari psikologi di India terekspresikan dalam enam sistem, yaitu :
1. The Nyaya System (argumen/alasan), metode investigasi dan berpikir di India, tujuan utamanya mencapai Nirvana, menggunakan silogisme bahwa ilmu dapat membimbing individu untuk membebaskan diri.
2. The Vaisheshika System, menyatakan bahwa kenyataan merupakan komposisi dari atom dan kehampaan.
3. The Sankhya System, sistem tertua yang mengidentifikasikan 25 realitas yang menyokong dunia. Tubuh diskemakan secara terperinci sebagai substansi yang mengandung intelektualitas, kemampuan indrawi, mind, organ perasaan dan tindakan. Jiwa (spirit) digambarkan sebagai seorang manusia, prinsip fisik yang memberi substansi sebuah kehidupan, bersifat universal dan plural, bukan individual.
4. The Yoga System, membebaskan tubuh manusia dari hasrat/nafsu badaniah dan pengetahuan indrawi melalui kekuatan supernatural dengan jalan meditasi.
5. The Purva-Mumansa System, menggunakan mind untuk mensari kebenaran.
6. The Vendanta System, merupakan perluasan kitab Veda yang menyatakan prisnsip pertamanya bahwa Tuhan dan jiwa (soul) adalah suatu kesatuan, merngaplikasikan ajarannya pada pencarian insight, keterbukaan, disiplin diri dan keinginan untuk menemukan kesatuan dan kebahagiaan dalam Tuhan.
Implikasi penting filsafat Hindu dalam psikologi:
1. Individu memiliki karakteristik sebagai bagian dari kesatuan yang lebih besar.
2. Penegasan individualitas dipandang bukan hanya berarti bagi dirinya sendiri, tapi lebih kepada sebuah aktivitas yang diminimalkan dan dihindari.
3. Penekanan pada humanisme yang berdasar pada konsep dasar Hindu.
India ( Buddism)
Buddha berkeliling dari kota ke kota untuk menyebarkan doktrinnya yang dipasang sebagai benang/sutra untuk menyentakkan ingatan seseorang. Ajarannya bertumpu pada kesusahan dan kesengsaraan yang melingkupi pengalaman manusia, pada intinya pencapaian Nirvana dengan hidup yang abadi, sejenis dengan pembebasan pada ajaran Hindu.
Filsafat religinya menitikberatkan bahwa pengetahuan indrawi adalah satu-satunya sumber pengetahuan kita, sebagai individu kita tidak bebas memilih nasib karena sudah ditentukan oleh determinasi kebiasaan, hereditas/keturunan dan kejadian-kejadin di lingkungan. Psikologi Buddha lebih mengarah kepada Behaviorisme dan Materialistik, menerima pula reinkarnasi.
China (Early Philosophies)
Sumber tercatat yang paling awal adalah buku metafisika, Book of Change (the I-Ching) yang berisi trigram mistis yang mengidentifikasaikan hukum dan elemen alam. Tiap trigram bercabang menjadi tiga jalur yang masing-masing berlanjut dan mewakili prinsip laki-laki Yang yang menindikasikan petunjuk, aktivitas dan produktivitas positif dan merupakan simbol suci dari cahaya, panas dan hidup. Jalur lainnya patah dan menggambarkan prinsip wanita Yin yang mengindikasikan petunjuk negatif dan pasif , juga sebagai simbol suci kegelapan, dingin dan kematian.
Lao Tze yang menulis buku Tao Te Ching ( Book of the Ways and of the Virtue) yang mendasari ajaran Taoisme yang menawarkan jalan menuju kehidupan yang bijaksana, menolak bentuk pengetahuan agar kehidupan lebih simpel dan dekat dengan alam. Taoisme tidak menawarkan alternatif, penjelasan realistis mengenai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.
China (Confusius)
Pemikiran utama Confusius ditulis dalam sembilan seri buku. Lima buku pertama menerangkan tentang norma kesopanan, komentar tentang I-Ching, prinsip-prinsip moral, sejarah negara dan legenda ternama dari China. Keempat buku yang terakhir berisi ajaran-ajaran filosofisnya. Ajaran moral Confusius berdasar pada komitmen individu dalam penghormatan, kejujuran dan harmoni pribadi. Menurutnya, keluarga merupakan unit kritik sosial yang mendukung individu dan bertindak sebagai pembatas terhadap lingkungan sosial yang lebih kompleks. Konfusianisme bukan filsafat yang komprehensif, berisi ajaran-ajaran praktis yang mengarahkan pada tindakan moral dan politik, sehingga merupakan tipe filosofi aplikasi dengan beberapa tambahan metafisis.
Filsafat Konfusianisme mengarah pada konservatisme yang menyokong komunitas China, menekankan pada keluarga, ciri khasnya pada loyalitas pada hubungan, menyediakan basic framework di dalam institusi poltik, pendidikan, militer dan ekonomi.
China (Later Philosophies)
Mo Ti , seorang filsuf cinta yang universal, menolak ajaran Confusius, mengembangkan bukti-bukti logis untuk menunjukkan keberadaan roh dan hantu, ajarannya menjadi dasar Chinesse Pacifism. Yang Chu, mengembangkan teori dasar yang menolak eksistensi Tuhan dan kehidupan setelah mati, pandangan hidupnya cenderung hedonis, yang mencari kesenangan dalam hidup. Mencius,menawarkan pandangan yang lebih moderat, menyatakan kewajiban sosial dapat membuat kehidupan manusia menjadi baik, dalam praktiknya dia mengajarkan kepemimpinan dan kebajikan individu. Chuang-tzn, menganut ajaran Taoisme yang back to nature.
Dalam filosofi China, kemampuan intelektual tidak menempati peranan yang dominan. Isu-isu religius, moral dan politik yang dipadukan memberikan pengaruh pada perhatian ilmiah, termasuk psikologi. Takhayul, skeptisism, ritual nenek moyang, toleransi sosial, kebajikan dan panteisme menjadi topik dominan dalam literatur China dan pemikirannya.
Psikologi dibatasi dalam skala konformitas dan non-konformitas dengan etika moral yang dapat diterima oleh masyarakat isu-isu psikologi diintregasikan dengan tujuan-tujuan keabadian melalui kebajikan dan kejujuran.
Japan
Korea dan Jepang adalah penerima budaya Cina. Legenda Jepang mengajarkan bahwa pulau keramat diciptakan oleh dewa yang melahirkan kaisar pertama yang berhasil mematahkan garis silsilah. Masyarakat Jepang di zaman feodal dibagi berdasarkan kasta. Kaisar adalah figur pemimpin dan kekuatan sesungguhnya diletakkan pada shogun yang dimunculkan biasanya setelah kekuatan perjuangan meliputi peperangan sengit dan intrik politik. Setiap pemimpin didukung oleh ksatria yang disebut samurai yang berjumlah lebih dari satu juta orang di berbagai periode pada zaman feodal Jepang. Mereka mengikuti aturan kaku yang berdasar pada kesetiaan, keberanian dan kepekaan yang besar terhadap martabat dan kehormatan. Pekerjaan sebenarnya dilakukan oleh seniman, petani kecil, dan pedagang. Ada pula budak dalam jumlah besar, hampir lima persen dari populasi yang menjadi kriminal atau orang yang dijerumuskan ke perbudakan. Para pekerja dikenai pajak tinggi dan dipekerjakan sebagai buruh pada tuan lokal atau pada negara.
Agama tertua di Jepang, Shinto berdasar pada ibadat nenek moyang dan mempunyai kepercayaan yang sedikit lebih sederhana untuk tradisi dan beberapa ritual kebangsaan dan doa. Pada tahun 552 Buddisme diimpor dari Cina. Buddisme di Jepang menjadi sebuah penegasan bersifat positif dari kepercayaan pada dunia berbudi luhur. Versi Buddisme ini cocok sekali dengan jenis dari pengendalian sosial yang ada ditandai dengan struktur hierarki dari masyarakat Jepang. Confusianisme diperkenalkan di Jepang pada abad ke enam belas. Guru besar Confusian dan pembuat essay terkenal bernama Hayashi Rizan (1583-1657) dikenal sebagai sarjana dan memenangkan perubahan dari Buddisme dan perkenalan dini Kristen. Walau universitas pertama di Jepang didrikan di Kyoto pada abad ke delpan, komitmen sebenarnya untuk pendidikan yang lebih tinggi tidak muncul sampai abad ke tujuh belas dengan kedatangan Tokugawa Shogunate (1603-1867).
Di tahun 1630 di Yedo, Hayashi Razan memulai sebuah sekolah unutk administrasi negara dan filsafat Confusian, yang kemudian menjadi Universitas Tokyo. Kaibara Ekken (1630-1714) adalah filsuf Confusian terpopuler di akhir zaman feodal Jepang. Guru termasyhur yang menekankan kesatuan dari seseorang di dalam lingkungan. Ia menyokong kehidupan berbudi tinggi unutk menerima harmoni dengan alam. Jepang kemudian menjadi pusat belajar Confusian. Soho Takuanm (1573-1645) memperlihatkan individu sebagai sebuah refleksi mikrokosmik dari jagad raya; disiplin diri dapat memimpin dan mengontrol peristiwa dari luar. Baigan Ishida (1685-174) meyakinkan bahwa pikiran secara fisik berdasar dan sensitif pada masukan lingkungan. Ishida mengajarkan bahwa isi dari pikiran adalah tergantung pada linkungan, jadi kepribadian berubah seiring dengan perubahan masukan, Ho Kamada (1753-1821) meyakinkan bahwa terdapat 14 emosi dan mengusulkan sebuah kode secara psikologi yang berdasar pada kehidupan berbudi tinggi untuk mencapai kebahagiaan diri. Filsafat Jepang pada akhir zaman feodal kaya akan interpretasi secara psikologi. Ketika Jepang secara cepat beralih dari masyarakat feodal ke masyarakat industri di akhir abad ke-19, Jepang membangunsebuah sistem pendidikan bermutu tinggi berdasar pada komitmen yang tinggi untuk belajar. Kesetiaan , gabungan dan kekuatan keluarga, semua disusun ke dalam organisasi industri Jepang.
Modern Asian Psychology
Tren sementara di psikologi di negara Asia cukup mirip dengan tren modern di psikologi yang ada di negara barat. Psikologi sementara sebagai disiplin yang dapat diidentifikasi di Asia tidak dapat dipercayakan pada tradisi India, tetapi lebih baik direfleksikan pada tradisi barat
India
Pada tahun 1916 di Universitas Calcuta, N.N Sangupta menjadi profesor pertama di Departemen Psikologi dan kemudian ia pergi ke Lucknow di India utara, dimana ia memulai laboratorium Psikologi pada tahun 1929. Pada tahun 1925, Universitas Mynsore juga menawarkan kurikulum Psikologi. Masyarakatr Psikoanalitik India dibangun pada tahun 1922, diikuti tiga tahun kemudian oleh sebuah organisasi yaiut Asosiasi Psikologi India yang menerbitkan Indian Journal of Psychology. Beberapa tahun kemudian muncullah yoga sebagai aplikasi dari Psikologi itu sendiri. Yoga adalah sebuah filsafat dominan dari India kuno, dari Upanishad. Yoga adalah sebuah sistem dari disip[lin diri dalam refleksi yang digunakan unutk menbantu seseorang mengumpulkan ilmu pengetahuan. Seperti yang diajarkan filsuf pertama Patanjali (150 SM) pada Yoga-Sutras-nya, tujuan dari yoga adalah mencari kebebasan diri dari semua konteks mental. Psikolog telah memperlihatkan yoga dalam jangka waktu dari indikasinya unutk terapi tingkah laku, kontrol psikofisiologikal dan perkembangan kognitif.
China
Laboratorium penelitian psikologi pertama didirikan di Universitas Beijing (Peking) pada tahun 1917, dan Departemen Psikologi yang berdiri sendiri pertama didirikan di Universitas Nanking.Asosiasi Psikologi Cina dimulai pada tahun1921 dengan Zhang Yaoxiang sebagai presiden pertama. Jurnal Psikologi berisi ringkasan dari pekerjaan eksperimen Amerika terkini. Ketika Jepang diserang 5 provinsi di Cina utara bermula pada 1937, semua kegiatan penelitian dihentikan. Kontak dengan barat benar-benar berakhir, dan usaha awal untuk kebangkitan kembali psikologi dipengaruhi olehpenasihat Soviet yang cenderung mengusulkan model dari refleksologi. The Chinese Academy of Sciences didirikan kembali pada tahun 1950 dan tahun 1956 Institut of Psychologycal Research didirikan di bawah bagian akademi biologi, yang mungkin merefleksikan pengaruh dari penasihat soviet tersebut. Pada tahun 1955 The Chinese Psychological Asasociation didirikan kembali dengan Pan Shu sebagai presidennya. Kesadaran sebagai area belajar telah dihukum sebagai perantara kelas dan penelitian psikologi telah dicela sebagai metafisikal dan borjuis.
Japan
Jepang telah menjadi pemimpin dari penelitian Psikologi dan jurnal Jepang menyediakan sebuah penghargan dan bagian yang tak terhingga nilainya dari dasar Psikologi. Penemuan model barat dari pemeriksaan psikologi di Jepang biasanya memperhitungkan Yujiro Motiva (1858-1912) sebagai psikolog eksperimental Jepang pertama. Ia menjadi profesor di bidang psikologi yang pertama di Jepang di Universitas Tokyo dan mendirikan laboratorium di sana. Ia melanjutkan penelitian bahwa ia mengawalinya dengan Hall pada kepekaan dermal. Matataro Matsumoto (1865-1943) pergi ke Leipzig untuk bekerja dengan Wundt dan kembali ke Jepang pada tahun 1980. Ia mendirikan departemen psikologi dan laboratorium di Universitas Kyoto. Matsumoto merujuk pada sistem psikologinya sebagai psikosinematik atau pekerjaan mental yang berupa sebuah tipe dari kontrol psikofisiologikal dimana ia belajar secara eksperimental kondisi dari kekuatan mental melebihi gerakan tubuh. Kwanichi Tanaak(1882-1962) instrumental dalam memperkenalkan behaviorisme Watson di Jepang. Tanaka mempublikasikan tipe dari metode objektif yang diusulkan oleh Watson. Koichi Matsude (1883-1947) mengusulkan versi awal dari kognisi hewan denganh interpretasinya tentang tingkah laku hewan pada tingkat kesadaran. Ryo Kuroda (1890-1947) berargumentasi bahwa tingkah laku dan kesadaran adalah 2 hal dari pengalaman yang sama dan lebih bersifat komplemen daripada kontradikti. Psikologi Gestalt diperkenalkan oleh Kanae Sakuma (1888-1970) yang menerima pendidikan inisialnya di Jepang dan kemudian belajar di Berlin pada tahun 1925 dan 1926. Hiroshi Hayami memperkenalkan tradisi fenomenologikal dari Husserl yang menyediakan lebih banyak akses langsung kepada pengalaman. Shoma Morita (1874-1938) beargumen bahwa reaksi dan perhatian yang tak pantas terhadap tingkah laku neurotik sering membesar-besarkan masalah dan hasil pada masa-masa ganas. Morita menawarkan alternatif therapeutik yang dipinjam dari Zen Buddhism. Zen bersifat antirasionalistik, tapi itu mencari jejak ilmu pengetahuan dengan intuisi dan interpretasi daripada kepercayaan pada tulisan tradisional Budha. Tujuan dari teori Morita adalah mencari harmoni dengan alam semesta, tidak berperang atau menentang alam semesta. Morita menjelaskan ada 4 tingkat prosedur dimulai pada kecemasan pasien dan berakhir pada persiapan pasien untuk mengembalikan keberadaan tiap harinya. Model itu dikembangkan lebih lengkap pada psikologi Zen oleh Koji Sato (1905-1971) aslinya dipengaruhi oleh Psikologi Gestalt, lalu Sato beralih pada psikoanalisis dan Psikologi klinis. Teknik meditasi Zen menggunakan adaptasi fisikal di perawakan dan pernapasan untuk menerima ketenangan dan kejernihan melalui realisasi harmoni dan integrasi dari individu dan alam semesta.

Ardi al-Maqassary

"Aku melihat, diujung sana, ada setitik cahaya yang terang benderang. Akan kuraih cahaya itu, dan membagikannya kepada seluruh manusia!!!"

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال