HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP ORGANISASI DENGAN MINAT BERORGANISASI MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UIN SUSKA RIAU


ABSTRAK
          Fenomena mahasiswa di Fakultas Psikologi UIN Suska Riau adalah jumlah mahasiswa yang aktif berorganisasi hanya sekitar 15% dan mahasiswa yang berpartisipatif kegiatan keorganisasian sekitar 30%. Diasumsikan bahwa minat berorganisasi rendah disebabkan persepsi yang negatif terhadap organisasi. Hipotesis penelitian adalah ada hubungan antara persepsi terhadap organisasi dengan minat berorganisasi mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau.
          Populasi penelitian berjumlah 687 mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau dengan sampel penelitian 34% (200 orang). Sampel diambil dengan metode stratified proportional random sampling.
          Skala digunakan ada dua yaitu skala Persepsi Terhadap Organisasi dan Minat Berorganisasi, model likert dengan lima alternatif jawaban. Uji validitas dengan menggunakan analisis factor dan uji reliabilitas menggunakan tehnik korelasi alpha cronbach. Untuk variabel persepsi terhadap organisasi diperoleh 41 aitem yang valid (tingkat reliabilitas 0,9404), sedangkan untuk variabel minat berorganisasi diperoleh 43 aitem yang valid (tingkat reliabilitas 0,9563).
          Hasil penelitian diolah menggunakan tehnik correlation product moment  dari Pearson dengan tingkat korelasi 0,865 dalam taraf signifikansi 1%. Kontribusi yang diberikan oleh variabel persepsi terhadap organisasi sebesar 0,748.
          Berdasarkan hasil analisa data maka diperoleh koefisien  korelasi sebesar 0,865, dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian diterima, yaitu ada hubungan antara persepsi terhadap organisasi dengan minat berorganisasi mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Suska Riau.
 Kata kunci: Persepi Terhadap Organisasi, Mahasiswa, Organisasi, Minat Berorganisasi

Download skripsinya disini...!!!
Share on :


Related post:


0 komentar:

Poskan Komentar